27 November 2016

CCTV online via Modem GSM

Tindakan kejahatan yang semakin beragam dewasa ini membuat pemilik rumah maupun pemilik usaha terkadang menjadi was-was. Perasaan ini wajar karena pelaku kejahatan sekarang lebih nekat dan tidak kenal takut serta tidak kenal waktu, bahkan siang hari pun sudah sering beraksi. Hal ini bisa di antisipasi dengan memasang kamera pengintai yang lebih di kenal dengan sebutan CCTV (Closed Circuit Television). Ragam dan jenis CCTV yang banyak pilihan tentu cukup membingungkan konsumen, tetapi hal ini bisa di perhitungkan dahulu sebelum pemasangan. Apalagi sekarang CCTV sudah bisa di lihat secara online via laptop/komputer bahkan smartphone android dari mana saja pemilik berada, selama masih ada koneksi internet.

Untuk memasang CCTV online yang utama adalah ketersediaan jaringan internet dilokasi, ini bisa didapat dari antara lain Telkom (speedy/indihome), penyedia internet provider, dan modem USB (kartu disesuaikan lokasi). Untuk Telkom speedy dan indihome jelas cukup memadai namun terkendala jika lokasi tidak terjangkau kabel telepon maupun fiber optik. Untuk internet provider biasanya harus memasang antena grid beserta towernya untuk mendapatkan akses internet. CCTV Online memakai Modem USB lebih fleksibel dimanapun lokasi berada yang penting masih ada sinyal dari operator telepon selular, kendalanya adalah kita harus rajin isi ulang pulsa saat kuota internet habis.
Pada artikel ini penulis akan membahas mengenai pemasangan CCTV online menggunakan Modem USB dengan kartu telkomsel, karena operator ini memiliki daerah jangkauan yang lumayan luas. Untuk kuota disesuaikan dengan seberapa sering aktifitas pemantauan CCTV melalui smartphone, apalagi sekarang banyak pilihan kuota internet dari telkomsel.
Untuk lokasi yang berukuran sedang kita menggunakan CCTV dengan 4 kamera lengkap dengan seluruh komponen pendukungnya. Untuk memantau CCTV dengan smartphone android yang dibutuhkan DVR CCTV yang sudah mendukung system Cloud dan jaringan internet, di sini menggunakan Modem USB Huawei E3531 dengan kartu Telkomsel. Kemudian agar modem bisa tersambung secara otomatis ke DVR maka diperlukan sebuah Router yang di sini menggunakan TPLink 3G/4G Wireless Router dengan harga yang cukup murah, tetapi kemampuan lumayan bagus. Sebenarnya ada DVR CCTV yang sudah mendukung USB Modem secara langsung, tetapi beberapa merk bermasalah dalam hal koneksinya. DVR CCTV menggunakan merk Stealth 4 channel (support cloud), lengkap dengan 4 buah kamera dan peralatan pendukungnya.

Setelah semua peralatan tersambung secara sempurna dan berfungsi baik, maka selanjutnya adalah melakukan setting agar DVR bisa di lihat melalui smartphone dari mana saja. Pertama adalah melakukan setting Router TPLink agar modem USB Huawei dapat tersambung ke internet. Pertama adalah Router kita hubungkan ke laptop atau cpu dengan kabel UTP, di belakang router ada 4 LAN Port dan sebuah WAN Port, maka kabel LAN kita colokkan ke salah satu LAN Port, kemudian masuk ke admin dengan cara ketik di browser 192.168.0.1 (ini adalah nomor ip statis default router) dan sebaiknya nomor ip statis di ganti saja ke 192.168.1.xxx agar mudah dalam settingnya. Untuk username dan password adalah "admin" (sebaiknya diganti),  lalu klik quick setup lalu next, pilih 3G/4G lalu next, disini modem akan terdeteksi secara otomatis lalu isi dialnumber dengan *99#, username dan password "kosong" dan APN di isi "internet" lalu klik next, pada opsi pilihan wireless kita disabled saja, lalu simpan perubahan.





Langkah kedua adalah membuka DVR dengan masuk ke main menu kemudian pilih system lalu pilih network, centang DHCP Enable dan perhatikan (catat) nomor IP Address yang muncul, disini adalah 192.168.1.100, kemudian klik OK.  Lalu kembali ke setting Router TPLink, pilih menu Forwardding pilih submenu DMZ, lalu klik Enable, kemudian di kolom DMZ Host IP Address di isi dengan nomor IP DVR yang tadi di catat, lalu klik Save.


Setelah Langkah ketiga yaitu kembali ke menu utama DVR  pilih Info kemudian pilih version maka akan tampil kotak jendela seperti di bawah ini, perhatikan (kalau perlu dicatat) SerialNo yang tampil, dan perhatikan Nat Status = connecting.



Langkah keempat adalah download aplikasi pendukung CCTV Online yang disediakan pabrikan dari Playstore di android, dalam hal ini sesuai merk DVR adalah aplikasi Stealth CCTV Pro. Setelah instal aplikasi selesai, buka aplikasi tersebut lalu pilih add device (tanda +), lalu pilih Networking Device, lalu pilih Addition of two-dimensional code dan arahkan kamera smartphone ke barcode Remote Acces dilayar CCTV.  Setelah barcode berhasil di scan maka akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah yang ketiga, isi nama sesuai kebutuhan, kemudian username dan password di samakan dengan username dan password DVR CCTV, lalu pilih Channel Number sesuai DVR yang digunakan.


Selesai sudah setting CCTV online via USB Modem GSM, dan kita bisa memantau kondisi kantor, toko atau rumah dari manapun kita berada selama masih ada koneksi internet. Dan jangan lupa untuk rutin mengisi pulsa untuk membeli kuota internet pada modem GSM yang terpasang di DVR tersebut. 

Selamat bereksperimen ...... 

6 komentar:

Akbar mengatakan...

Kalau internet menggunakan firstmedia, apakah masih sama utk setingan pada dvr dan routernya ?

Unknown mengatakan...

Ribet pake DVR router jaman sekarang sudah ada Cctv online yg tanpa DVR jadi Cctv langsung terhubung ke modem wifi/mifi dan untuk menyimpan hasil photo & video sudah ada slot mikro SD nya ,selebihnya tinggal ikuti pengaturan Cctv di smartphone untuk koneksi,..ada beberapa Cctv yg anti ribet antaranya Hikvision,ezviz,Xiaomi yi dll..silahkan di coba semoga bermanfaat.

Unknown mengatakan...

Mantap kalo ada yang mau setting wilayah DKI Jakarta Barat ask me :085210446597. Onlyon wathsapp

Irfan axlinesid mengatakan...

Bang itu kouta gsm cepat habis ya? Mohon responnya.

bds mengatakan...

Kalau modem nya pake jenis mifi seperti andromAx M3y atau lainya gimana gan ?

netflix mengatakan...

https://megan8.statuspage.io/